Hati-hati Melaut, Ombak Tinggi

Hati-hati Melaut, Ombak Tinggi
Hati-hati Melaut, Ombak Tinggi
JAKARTA -- Para nelayan dan warga yang berdomisili di daerah pesisir di sejumlah daerah perlu meningkatkan kewaspadaannya. Prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hujan deras disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi melanda Pesisir Barat Sumatera, Sumatera bagian Utara dan Tengah, Kalimantan Timur, Jawa bagian Barat, Sulawesi bagian Tengah dan Tenggara.

Selain itu, juga di Maluku bagian Tengah, Papua Barat, Papua Tengah dan Papua Timur bagian Utara. Kondisi alam yang kurang bersahabat ini berpotensi terjadi hingga 31 Agustus 2009 dan sudah berlangsung sejak 29 Agustus 2009. Data mengenai prakiraan cuaca itu bisa dilihat di situs resmi BMKG.

Biasanya, hujan deras yang disertai angin kencang dan petir diikuti oleh melonjaknya gelombang laut. Ini terbukti terjadi di pesisir Aceh Barat, Sabtu (29/8) lalu. Kepala BMKG Aceh Besar, Samsuir, menjelaskan, angin kencang disertai petir harus terus diwaspadai. Dia berharap masyarakat pesisir harus terus waspada karena berdampak pada tingginya gelombang laut. Ini sangat berbahaya bagi perahu nalayan, tongkang, dan verry. Terbukti di pesisir Aceh Barat dan Banda Aceh seperti Lambada Lhok dan Kreung Cut, atap sejumlah rumah warga ikut melayang. Para nelayan di kawasan tersebut juga tidak berani melaut.

Berdasarkan prakiraan BMKG, pagi ini di sejumlah daerah gelombang laut cukup tinggi. Gelombang dengan tinggi 2-3 meter kemungkinan terjadi di Perairan barat Aceh, Perairan barat Bengkulu hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa Tengah hingga NTB, Laut Natuna, Perairan Kep. Talaud, Laut Arafuru, Perairan Merauke.

JAKARTA -- Para nelayan dan warga yang berdomisili di daerah pesisir di sejumlah daerah perlu meningkatkan kewaspadaannya. Prakiraan cuaca dari Badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News