Hati-hati Ya, Penyakit Kulit Bisa Serang Miss V

Hati-hati Ya, Penyakit Kulit Bisa Serang Miss V
Ilustrasi. Foto: Womanlife

jpnn.com - Organ intim kewanitaan sangat rentan kena serangan penyakit. Mulai dari yang paling umum seperti keputihan, infeksi kelamin yang gampang menular hingga yang mematikan yakni kanker serviks. Berikut ini beberapa kondisi kulit yang bisa menyerang Ms. V, seperti dilansir laman Prevention.

1. Eksim

Siapapun pasti tahu tentang peradangan dan kulit kering yang tidak nyaman alias eksim. Pada miss V Anda, eksim bisa tampak seperti merah, ruam dan gatal.

Tidak ada gejala yang benar-benar menyebabkan itu. Beberapa produk seperti sabun, pembersih atau lube bisa mengiritasi kulit Anda. Biasanya, steroid topikal atau perubahan produk bisa membantu menenangkan ketidaknyamanan. Steroid topikal immunosuppresants membantu dengan sifat autoimun eksim, vitiligo dan psoriasis.

2. Lichen sklerosis

Kondisi langka dan kronis yang ditandai dengan kulit berwarna putih atau merah, tetapi sering tidak melibatkan kulit vulva Anda. Biasanya muncul pada wanita pascamenopause. Dokter tidak yakin penyebab pastinya, banyak menduga itu ada hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif dan gangguan hormon.

Jika Anda memiliki lichen sclerosus, biasanya Anda akan perlu biopsi untuk memastikan diagnosa. Dari sana, Anda akan diresepkan steroid topikal. Karena lichen sclerosus adalah penebalan kulit, steroid bisa membantu melembutkan daerah dan kembali normal.

3. Psoriasis

Kulit merah, bersisik dan ruam psoriasis bisa memengaruhi alat kelamin Anda juga. Jenis yang paling umum dari psoriasis pada perempuan disebut psoriasis inverse. Biasanya muncul dengan lesi merah halus dan kering yang juga bisa muncul di lipatan paha Anda.

Meskipun tidak ada obat untuk psoriasis, steroid dan perawatan topikal nonsteroid bisa membantu meringankan rasa sakit. Pilihan lain untuk pengobatan termasuk perubahan gaya hidup seperti diet, olahraga dan menghilangkan tingkat stres Anda.

4. Vitiligo

Patch berwarna putih terang di bagian wanita Anda mungkin sinyal vitiligo, penyakit kulit di mana sel-sel kulit penghasil pigmen Anda hancur. Resep obat topikal bisa membantu dengan gejala.(fny/jpnn)

Organ intim kewanitaan sangat rentan kena serangan penyakit. Mulai dari yang paling umum seperti keputihan, infeksi kelamin yang gampang menular


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News