Hatta jadi Capres Paling Sering Muncul di Koran

Hatta jadi Capres Paling Sering Muncul di Koran
Hatta jadi Capres Paling Sering Muncul di Koran
JAKARTA - Duduk sebagai Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian membuat Hatta Rajasa banyak diuntungkan dari sisi pemberitaan. Pembantu SBY di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu tercatat paling unggul dalam jumlah pemberitaan di media cetak dibanding tokoh-tokoh lainnya.

Hal itu terungkap dari survei yang dilakukan  Developing Countries Studies Center (DCSC) Indonesia, yang melakukan analisis isi media terhadap sembilan tokoh kandidat capres 2014. Hatta jauh melebihi tokoh-tokoh yang berpotensi menjadi pesaingnya. "Dari hasil analisis isi media  diketahui bahwa Hatta Rajasa merupakan tokoh yang paling banyak mendapatkan porsi pemberitaan di tujuh surat kabar nasional," ujar Tole Sutrisno, peneliti sekaligus Direktur Operasional DCSC di Jakarta, Minggu (8/1).

Dipaparkannya, penelitian dilakukan terhadap tujuh surat kabar nasional, yaitu Kompas, Media Indonesia, Indo Pos, Republika, Rakyat Merdeka, Suara Pembaruan, dan Seputar Indonesia. Sedangkan waktu pengumpulan data dilakukan pada tanggal 1 Januari-31 Desember 2011 dengan menggunakan metode analisis isi tematik. Jumlah artikel yang dianalisis dalam rentang waktu itu sebanyak 7.476 artikel.

Ada pun nama-nama yang ditelaah adalah  Aburizal Bakrie, Anas Urbaningrum, Ani Yudhoyono, Hatta Rajasa, Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Sri Mulyani Indrawati, Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Surya Paloh.

JAKARTA - Duduk sebagai Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian membuat Hatta Rajasa banyak diuntungkan dari sisi pemberitaan. Pembantu SBY di Kabinet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News