Hatta: Jokowi Presiden Pertama yang Membekali Calon Hakim

Hatta: Jokowi Presiden Pertama yang Membekali Calon Hakim
Presiden Joko Widodo saat menghadiri pembekalan bagi para CPNS/calon hakim. Foto: Setpres

jpnn.com, BANDUNG - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali menyampaikan kegembiraannya di depan Presiden Joko Widodo yang menghadiri pembekalan bagi para CPNS/calon hakim.

Dalam acara yang berlangsung di Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/2), Presiden yang beken disapa Jokowi itu, juga akan memberikan pengarahan kepada 1.591 peserta.

"Kami atas nama warga MA beserta CPNS calon hakim mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak presiden. Ini merupakan kehadiran Presiden RI yang pertama dalam rangka pembekalan calon hakim," ungkap Hatta.

Hatta juga merasa bangga, karena setelah 6 tahun berlaku moratorium penerimaan calon hakim, pemerintah menyetujui usulan pengadaan sebanyak 1.684 calon hakim pada 2017 lalu. Meskipun yang telah dinyatakan lulus baru sebanyak 1.591 orang.

"Semua dalam keadaan siap mengikuti pembekalan di pusdiklat Mahkamah Agung," kata Hatta.

Rekrutmen calon hakim yang diselenggarakan oleh MA ini merupakan implementasi dari sistem satu atap dari badan-badan peradilan di bawah MA.

Kebijakan satu atap memberikan tanggung jawab dan tantangan tersendiri karena MA dituntut menunjukkan kemampuannya guna mewujudkan organisasi yang professional, efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

"Sistem satu atap ini menuntut kerja keras untuk melakukan pembaharuan di semua aspek secara simultan. Baik dalam urusan administrasi perkara ataupun administrasi umum," jelasnya.(fat/jpnn)

Presiden Joko Widodo membekali sebanyak 1.591 orang yang dinyatakan telah lulus sebagai calon hakim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News