Haul Guru Tua, Salim Segaf: Beliau Mengabdikan Hidupnya untuk Dakwah

Haul Guru Tua, Salim Segaf: Beliau Mengabdikan Hidupnya untuk Dakwah
Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Aljufri saat haul Sayyid Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua. Foto: Dok PKS

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Aljufri mengatakan Sayyid Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua, adalah sosok ulama besar yang menjadi teladan bagi umat Islam.

Hal itu disampaikan saat menghadiri Haul Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua ke-54 di Kompleks Pendidikan Alkhairaat di Jalan Sis Aljufri, Kota Palu beberapa waktu yang lalu.

Guru Tua, lanjut Salim adalah teladan dalam dakwah, pendidikan, dan kecintaannya kepada bangsa dan negara.

"Beliau mengabdikan hidupnya untuk kepentingan pendidikan dan dakwah Islam bagi generasi bangsa di seluruh pelosok tanah air. Beliau mendirikann Madrasah Alkhairat yang menjadi oase dan cahaya bagi umat bukan hanya di Kota Palu tapi menyebar ke seluruh negeri, bahkan hingga ke pelosok Papua," ungkap Dr. Salim Segaf dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Selasa (17/5).

Madrasah Alkhairat sendiri didirikan pertama kali oleh Guru Tua pada 14 Muharram 1349 Hijriah atau 30 Juni 1930 Masehi. Dalam masa perjuangan dakwahnya, Guru Tua telah berhasil membangun 420 madrasah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia bagian timur, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, dan Papua. 

Jumlah Madrasah Alkhairat telah mencapai lebih dari 1.700 madrasah dengan jenjang pendidikan mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini hingga SLTA tersebar di seluruh Indonesia, utamanya di kawasan timur.

Selain itu, Alkhairaat juga memiliki perguruan tinggi yang bernama Universitas Alkhairaat di Kota Palu.

Haul Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri yang diselenggarakan pada 14 Mei 2022 itu dihadiri oleh para kiai, ulama, dan habaib. Selain itu, hadir ribuan masyarakat dan santri khususnya di Alkhairat dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. 

Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Aljufri mengatakan Sayyid Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua, adalah sosok ulama besar yang menjadi teladan umat


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News