Hawking Ancam Hengkang

Karena Dana Sains Dipangkas Pemerintah Inggris

Hawking Ancam Hengkang
Stephen Hawking. Foto : The San Fransisco Sentinel
LONDON - Langkah pemerintahan Perdana Menteri (PM) Inggris Gordon Brown memangkas dana sains Universitas Cambridge direaksi keras Stephen Hawking. Fisikawan ternama itu mengkritik kebijakan tersebut sebagai kemunduran bagi dunia ilmu pengetahuan. Bahkan, ilmuwan 68 tahun itu sampai berencana meninggalkan Inggris dan hijrah ke Kanada.

"Profesor Hawking memang mempertimbangkan rencana untuk pindah. Tapi, semua itu bergantung pada berhasil-tidaknya pendekatan yang sedang dia lakukan," ujar asistennya, Sam Blackburn, seperti dilansir Daily Mail, Rabu (3/3).

Dia menambahkan, Hawking khawatir pemangkasan anggaran ilmu pengetahuan dan penelitian itu akan mengakhiri predikat Inggris sebagai pabrik orang pintar.  Saat ini, penulis A Brief History Of Time itu sedang berada di Kanada. Dia mengajar di Perimeter Institute, Ontario.

Konon, pria yang sudah hampir 50 tahun mengabdikan diri di Cambridge tersebut sedang berusaha melobi pejabat institusi pendidikan Kanada tersebut untuk diterima sebagai staf. Bila berhasil, Hawking bisa saja menetap selamanya di Kanada.

LONDON - Langkah pemerintahan Perdana Menteri (PM) Inggris Gordon Brown memangkas dana sains Universitas Cambridge direaksi keras Stephen Hawking.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News