Hebat, Mahasiswa ini Ubah Pare jadi Obat Diabetes

Hebat, Mahasiswa ini Ubah Pare jadi Obat Diabetes
Ilustrasi pare. Foto: sidomi

SURABAYA –Para penderita diabetes kini bisa bernapas legas karena ada obat baru yang diracik untuk penyembuhan. Obat baru itu terbuat dari Pare. Ini adalah hasil racikan Dina Fitriyah Rahayu. Dia adalah mahasiswa D-3 keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Mahasiswi angkatan 2013 itu berhasil mengubah pare menjadi teh celup yang bisa mengobati diabetes.

Proposal Tere (Teh Pare) Insulin Like yang diajukan ke Kemenristekdikti berhasil menjadi salah satu proposal yang akan didanai dalam program kreativitas mahasiswa tahun ini. Dina tidak sendiri. Bersama empat rekannya, yakni Siska Wahyuningsih, Dwiko Resyta Delimasari, Fatimatuz Zahroh, dan Lisnawati Eka Yunita, Dina membuat teh pare tersebut.

“Meski pare dikenal sebagai sayuran dengan rasa pahit, tapi bagus untuk mengobati penyakit diabetes,'' katanya.

Jubir tim yang terdiri atas lima mahasiswa itu menjelaskan, pare mengandung karantin yang berfungsi menjadi stimultan bagi sel beta pada pankreas agar menghasilkan insulin lebih banyak. Menurut dia, sel beta orang yang menderita diabetes tidak bisa menghasilkan insulin secara normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News