Heboh Pernyataan Zulhas, Hasto: Bakal Ada Keadilan Tuhan Ketika Menteri Bicara di Luar Ranah

Heboh Pernyataan Zulhas, Hasto: Bakal Ada Keadilan Tuhan Ketika Menteri Bicara di Luar Ranah
Menteri Perdagangan RI sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Foto/Arsip: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Hasto Kristiyanto menilai Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas seharusnya bisa berbicara menyesuaikan tempat semasa kampanye pilpres 2024.

Hal itu Hasto sampaikan saat ditanya awak media soal haboh video Zulhas yang berbicara praktik salat dalam sebuah acara.

"Seharusnya fokus di dalam mendorong perdagangan rakyat ini bagaimana difasilitasi oleh negara, kinerjanya itu untuk mendorong ekspor, bukan berbicara di luar ranahnya," kata Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12).

Sekjen PDI Perjuangan itu mengatakan keadilan Tuhan akan berbicara saat menteri membahas topik yang di luar ranah ketika pejabat hadir dalam sebuah kegiatan kementerian.

"Ketika seorang menteri berbicara di luar ranahnya, ya, akan ada keadilan yang di Atas. Maka, ngomong salah dan kemudian berkampanye bukan pada tempatnya," kata Hasto.

Dia pun menyarankan Zulhas bisa meniru MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas yang berdisiplin selama kampanye pilpres 2024.

Azwar Anas, kata Hasto, selalu menekankan netralitas aparatur negara semasa kontestasi pilpres 2024 yang berlangsung hingga Februari 2024.

"Jadi, kami ikut menyesalkan pernyataan itu (ucapan Zulhas, red) tetapi itu menjdi pembelajaran terbaik bagi setiap menteri ketika berbicara seharusnya berdisiplin sesuai dengan ruang lingkup pekerjaannya. Jangan campurkan urusan pemerintah dengan urusan kampanye," kata Hasto.

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Hasto Kristiyanto menyebutkan keadilan Tuhan akan bergerak saat menteri berbicara di luar ranah semasa kampanye.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News