Heboh Video Makam Dibongkar, Orang Hidup Lagi, Oh Ternyata

Heboh Video Makam Dibongkar, Orang Hidup Lagi, Oh Ternyata
Orang meninggal hidup lagi. Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Seorang pembaca Jawa Pos, Selasa (29/5), mengirimkan sebuah video tentang seseorang yang sudah dikubur, kemudian disebut hidup lagi di Kalimatan Selatan.

Pembaca itu ingin mendapatkan fakta yang sebenarnya dari video tersebut. Sebab, dia mendapatkan hal itu dari sebuah grup WhatsApp.

”Di KM 7 Banjarmasin. Kalsel... seseorang yg telah meninggal dan sudah dimakamkan selama 4 hari menangis di dalam kubur. Warga sekitar yg mendengar tangisan itu penasaran. Dan ahirnya memberitahukan kepada pihak keluarga. Kemudian makam itu dibongkar lagi. Kejadian luar biasa terjadi. Ternyata orang itu hidup kembali...!!!” tulis pesan yang menyertai video tersebut.

Di akhir pesan, si penyebar video menambahkan kalimat yang sebenarnya baik. Yakni, ajakan untuk tidak meninggalkan salat.

”Setelah dia normal kesehatannya, dia menangis tuk memohon kpd seluruh umat, terutama saudara saudaranya, agar jgn melalaikan salat, banyak mengingat Allah, banyak berbuat amal kebaikan, karena waktu dikubur benar benar sudah dipertanggung jawabkan,” tulis pesan itu.

Video yang tersebar tersebut memang benar. Yakni, penggalian makam yang sebelumnya digunakan untuk mengubur seseorang. Tetapi, apa yang ada di dalam video itu sebenarnya kejadian lama. Dikutip dari pojoksatu.id (Jawa Pos Group), peristiwa dalam video tersebut terjadi sekitar 2010. Namun, naskah yang menyertai video itu keliru.

Orang yang meninggal dan makamnya dibongkar lagi tersebut bernama Yadi. Dia merupakan warga Kelurahan Kelayan Selatan, Banjarmasin Selatan, Kalimantan Selatan. Makam Yadi dibongkar setelah delapan jam dimakamkan, bukan empat hari seperti narasi yang banyak tersebar di media sosial.

Pembongkaran itu juga dilakukan atas permintaan keluarganya. Ceritanya, setelah pemakaman, istri Yadi seperti orang kesurupan dan menyakini suaminya masih hidup. Dia minta makam suaminya dibongkar untuk memastikan.

Disebutkan bahwa orang yang meninggal dan sudah dimakamkan selama empat hari, ternyata hidup lagi saat makam dibongkar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News