Herman Deru Sebut Mutu Pendidikan Sumsel Berhasil, Mampu Mendongkrak IPM

Herman Deru Sebut Mutu Pendidikan Sumsel Berhasil, Mampu Mendongkrak IPM
Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan catatan khusus terkait IPM Sumsel. Hal itu disampaikan Herman Deru saat peringatan Hardiknas. Foto: Dok Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan catatan khusus terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumsel. Hal itu disampaikan Herman Deru saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023.

Menurut Herman Deru, IPM daerah yang dipimpinnya meningkat sebesar 0,83 persen pada 2022 lalu. Adapun IPM Sumsel menjadi 70,90 atau tumbuh 0,83 persen atau meningkat 0,66 poin dibandingkan capaian 2021.

Herman Deru mengaku bangga dan bersyukur karena IPM Sumsel terus mengalami peningkatam. Oleh karena itu dia berharap angka tersebut kembali mengalami peningkatan pada 2023.

"Alhamdulillah, IPM Sumsel tercatat sebagai kategori tinggi pada 2022, ini luar biasa," ungkapnya.

Herman Deru berharap momen peringatan Hardiknas kali ini menjadi penyemangat bagi insan pendidikan, merdeka mengajar yang diikuti oleh semua stakeholder pendidikan.

"Kami tahu sistem pendidikan ini sangat dinamis, Indonesia tidak boleh ketinggalan, khususnya Sumsel," katanya.

Lebih lanjut gubernur yang menjabat sejak 1 Oktober 2018 itu menjelaskan kenaikan IPM ditopang beberapa indikator, selain faktor kesehatan juga ada faktor dimensi pengetahuan, harapan lama sekolah penduduk usia 7 tahun ke atas.

Selain itu rata-rata lama sekolah penduduk usia 25 tahun ke atas tumbuh 0,07 tahun, dari 8,30 tahun menjadi 8,37 tahun pada 2022. Upacara Hardiknas kali ini diikuti oleh para kepala sekolah, guru, siswa/siswi SD, SMP, SMA, dan semua usur pendidikan di Sumsel.
Sambutan

Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan catatan khusus terkait IPM Sumsel. Hal itu disampaikan Herman Deru saat peringatan Hardiknas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News