Kemendagri Mengapresiasi Prestasi Kepulauan Riau IPM Tertinggi di Sumatra

Kemendagri Mengapresiasi Prestasi Kepulauan Riau IPM Tertinggi di Sumatra
Musrenbang Kepulauan Riau 2023. Foto: Tim Kemendagri

jpnn.com - TANJUNG PINANG – Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni memberikan apresiasi atas capaian Provinsi Kepulauan Riau.

"Kami berikan apresiasi kepada Provinsi Kepulauan Riau karena telah mencapai target Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 2022 sebesar 76,46 persen (kategori: tinggi). Capaian tersebut berada di atas capaian nasional dan menempatkan Kepulauan Riau sebagai provinsi dengan capaian IPM tertinggi di Sumatra," katanya.

Fatoni menyampaikan hal itu saat mewakil Menteri Dalam Negeri menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD Provinsi Kepulauan Riau 2024, di Balairung Wan Seri Beni Pusat Sultan Mahmud Riayat Syah “Bandar Seri Kota Piring” Pulau Dompak Seri Darul Makmur Tanjung Pinang.

Fatoni mengungkapkan, dari sisi keuangan, selama tiga tahun ke belakang (2020-2022), APBD Provinsi Kepulauan Riau mengalami peningkatan rata-rata pertumbuhan pendapatan 5.43% dan belanja minus 0,05%, sedangkan pembiayaan sebesar 18.71%.

Pertumbuhan yang mengalami peningkatan ini merupakan angin positif bahwa kerangka anggaran Provinsi Kepulauan Riau terus membaik dan pemetaan penggunaan anggaran makin berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.

“Capaian tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Sedangkan, capaian indikator makro yang lainnya (Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran Terbuka, dan Tingkat Kemiskinan) perlu adanya peningkatan capaian melalui langkah kolaborasi sehingga target capaian ke depan dapat dicapai sesuai yang direncanakan,” tutur Fatoni.

Pada pengusulan Major Project juga memerlukan penguatan strategi, di antaranya: perlunya informasi data yang detail; penguatan akreditasi layanan yang akan diberikan; serta penguatan dukungan program dan kegiatan daerah Major Project yang diusulkan.  

Fatoni juga memberikan apresiasi capaian realisasi APBD Provinsi Kepulauan Riau menempati terbaik kedua secara nasional dan mendapatkan penghargaan APBD Award 2023.

Pertumbuhan meningkat ini merupakan angin positif bahwa kerangka anggaran Provinsi Kepulauan Riau terus membaik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News