Hidup Normal dengan Penyakit Asma, Hindari Pencetusnya agar tak Kambuh

Hidup Normal dengan Penyakit Asma, Hindari Pencetusnya agar tak Kambuh
Hidup Normal dengan Penyakit Asma, Hindari Pencetusnya agar tak Kambuh

jpnn.com - Penderita asma bisa hidup normal dan meminimalkan risiko serangan dengan mengontrolnya melalui perilaku dan obat-obatan.

Salah satu hal yang harus dihindari adalah pencetus serangan. Di antaranya, menghindari cuaca dingin yang biasanya membuat asma kambuh, aktivitas berlebih, polusi, udara berdebu, serta bau-bauan yang menyengat.

Penderita juga harus menghindari pencetus alergi yang bisa membuat asma kambuh, seperti bulu hewan dan tumbuhan tertentu.

Dokter Oktiningsih SpP, spesialis paru di Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan, menegaskan bahwa hal paling mudah untuk mengontrol asma adalah mencegah serangannya dengan menghindari pencetus.

Karena itu, perilaku hidup sehat harus diterapkan. Sediakan juga obat yang biasa dibutuhkan saat terjadi serangan untuk mengurangi dampak asma.

“Yang paling penting memang perilaku. Obat-obatan dan tindakan medis hanya menjadi pendukung kontrol terhadap penyakit tersebut,” kata Okti -sapaan akrab Oktiningsih- seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Minggu (31/5).

Ada juga tindakan pencegahan yang perlu dilakukan penderita, keluarga, dan teman. Di antaranya adalah tidak merokok di rumah atau di mobil.

Jangan pula merokok di dekat penderita asma karena hal tersebut dapat memicu timbulnya serangan. Intinya, hindari rokok dan hentikan kebiasaan merokok.

Penderita asma bisa hidup normal dan meminimalkan risiko serangan dengan mengontrolnya melalui perilaku dan obat-obatan. Salah satu hal yang harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News