Hina Presiden Turki di Twitter, Mantan Pemain Bola Terancam 4 Tahun Bui

Hina Presiden Turki di Twitter, Mantan Pemain Bola Terancam 4 Tahun Bui
Mantan pemain bola, Hakan Sukur. Foto: www.zaman.com.tr

jpnn.com - ANKARA--Mantan kapten timnas Turki Hakan Sukur terpaksa harus gigit jairi saat ini. Gara-gara menghina Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Twitter, Sukur terancam masuk bui empat tahun.

Sebagaimana dikabarkan Anatolian Agency, pria yang pernah merumput untuk Internazionale dan Galatasaray itu didakwa dengan tuduhan mempublikasikan konten hinaan terhadap Erdogan dan putranya. Untuk ini, hukuman maksimal empat tahun penjara menanti Sukur.

Ironis memang, mengingat Sukur sebelumnya tergabung di partai AKP yang notabene didirikan Erdogan.

Mengumpulkan lebih dari 100 cap dan mencetak 51 gol untuk negaranya semasa aktif bermain, Sukur memang banting setir ke dunia politik semenjak gantung sepatu pada 2008.

Belakangan ia amat kritis pada kebijakan AKP selaku partai penguasa dan juga Erdogan, yang bersikap keras terhadap salah satu faksi agama terbesar di Turki, yaitu pergerakan Islamic Gulen. Sebagai penganut kepercayaan tersebut, Sukur memutuskan mundur dari AKP pada Desember 2013.

Usai meninggalkan partai, pria 44 tahun itu masih terus bekerja di parlemen di bawah naungan seorang anggota parlemen independen, tetapi tensi tetap tinggi antara dirinya dan AKP. (surabayanews/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News