Hindari 5 Makanan Penyebab Sembelit

Hindari 5 Makanan Penyebab Sembelit
Ilustrasi perut. Foto: Pixabay.

jpnn.com - Konstipasi atau sembelit adalah keadaan frekuensi buang air besar kurang dari normal dengan waktu lama, kesulitan, dan disertai rasa sakit saat mengeluarkan tinja.

Keluhan yang biasa dirasakan berupa perut terasa penuh, tubuh cepat lelah, tinja lebih keras, sulit dikeluarkan, berwarna lebih gelap daripada biasanya, dan jumlahnya lebih sedikit, terdengar bunyi-bunyian dalam perut, lebih sering buang angin yang berbau lebih busuk, menurunnya frekuensi buang air besar (3 hari sekali atau lebih lama), mual dan muntah.

Makanan memang menjadi salah satu aktor pencetus terbesar dari sembelit. Ada beberapa makanan dan minuman populer yang harus Anda hindari jika Anda ingin jauh dari sembelit, seperti dilansir laman MSN.

BACA JUGA: 6 Hal Ini Harus Dihindari Agar Sembelit Tidak Semakin Parah

1.Minuman keras

Aalkohol bekerja sebagai diuretik, maka alkohol bisa meningkatkan kehilangan cairan dan menyebabkan dehidrasi. Hidrasi yang tidak adekuat sering dikaitkan dengan konstipasi. Nah, yang terbaik adalah tetap pada satu atau dua minuman alkohol dan mengonsumsi setidaknya satu gelas air di antara setiap minuman beralkohol.

BACA JUGA: Buah Naga Ampuh Atasi Sembelit?

2. Gluten

Ada beberapa makanan dan minuman populer yang harus Anda hindari jika Anda ingin jauh dari sembelit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News