HNW: Indonesia Bisa Bersatu Karena Pancasila

HNW: Indonesia Bisa Bersatu Karena Pancasila
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) pada saat melakukan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, kepada para pelajar di Jakarta, Minggu (3/12). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan Uni Soviet hancur bukan karena diserang dari luar tetapi karena ideologinya tak mampu menanggung masalah yang ada.

Hal itu disampaikan saat melakukan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, kepada para pelajar di Jakarta, Minggu (3/12).

Bubarnya Uni Soviet tersebut karena Presiden Uni Soviet Mikhael Gorbachev mengeluarkan kebijakan Glasnot dan Perestroika. “Semacam kebijakan reformasi," ujarnya.

HNW membandingkan dengan Indonesia meski ada reformasi namun Indonesia tetap utuh. “Kita ada gerakan reformasi namun tidak pecah," ujarnya.

Kokohnya Indonesia meski ada reformasi atau gerakan perubahan, menurut HNW, karena kita memiliki Pancasila. Pancasila bisa mempersatukan bangsa karena ideologi ini merupakan kesepakatan bersama.

“Diperjuangkan oleh ulama, tokoh Islam, dan komponen bangsa lainnya," ujarnya. Dari sinilah HNW mengajak kepada semua agar melaksanalan Empat Pilar agar bisa menghadirkan Indonesia yang unggul.(adv/jpnn)


Kokohnya Indonesia meski ada reformasi atau gerakan perubahan, menurut HNW, karena kita memiliki Pancasila. Pancasila bisa mempersatukan bangsa karena ideologi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News