Hoaks Buatan MCA Tak Akan Gerus Elektabilitas Jokowi

Hoaks Buatan MCA Tak Akan Gerus Elektabilitas Jokowi
Para anggota Muslim Cyber Army (berkaus tahanan) saat diperlihatkan ke awak media di kantor Ditsiber Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Rabu (28/2). Foto: Elfany Kurniaan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe meyakini hoaks dan ujaran jebencian yang diproduksi kelompok Muslim Cyber Army (MCA) selama ini tidak akan memengaruhi peta politik jelang Pemilu 2019. Menurutnya, elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) juga tak akan tergerus oleh aksi produsen hoaks yang kini digulung polisi itu.

Maximus mengatakan, mayoritas masyarakat telah mengetahui informasi miring yang disebar MCA tentang kinerja Presiden Jokowi tidak berdasar fakta. Dia menyebut publik makin paham bahwa hoaks dan ujaran kebencian yang menyasar Jokowi mengusung agenda politik tertentu.

"Saya kira kelompok ini sangat tidak memengaruhi peta politik tanah air. Sebagian besar publik sudah tahu ini hanya mainan segelintir orang menghalalkan berbagai cara untuk tujuan politik tertentu," ujar Ramses kepada JPNN, Sabtu (10/3). 

Lebih jauh pengajar di Universitas Mercu Buana Jakarta itu menilai pengungkapankelompok MCA oleh Direktorat Siber Bareskrim Polri telah membawa dampak positif bagi masyarakat. Sebab, masyarakat menjadi makin bijaksana dalam menyaring informasi. 

"Publik makin cerdas melihat fenomena konyol ini. Tidak lagi mudah terpengaruh dengan berita-berita bohong. Publik akan mulai belajar mencari informasi yang benar dari sumber-sumber terpercaya," ucapnya. 

Meski demikian, direktur eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia itu juga mengharapkan kepolisian mengusut kelompok MCA hingga tuntas. Sebab, bukan tidak mungkin ada tangan-tangan tertentu yang selama ini menyokong penuh kegiatan MCA. 

"Seluruh rakyat Indonesia tentu berharap polisi harus mengusutnya secara tuntas, termasuk dalang intelektual di balik MCA," pungkas Ramses.(gir/jpnn)


Pengamay politik Maximus Ramses mengatakan, mayoritas masyarakat telah mengetahui informasi miring yang disebar MCA tentang kinerja Jokowi tidak berdasar fakta.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News