Hobi Begadang Nonton Piala Dunia Bikin Gampang Sakit?

Hobi Begadang Nonton Piala Dunia Bikin Gampang Sakit?
Ilustrasi. Sering begadang bisa membuat Anda menjadi lebih tua. Foto IST

jpnn.com - Kompetisi sepak bola internasional Piala Dunia kembali digelar tahun ini, yang dimulai sejak 14 Juni lalu.

Bagi para penggemar sepak bola, ajang empat tahun sekali ini pastinya sayang untuk dilewatkan.

Pasalnya, jam tayang Piala Dunia yang berlangsung di Rusia ini dimulai dari pukul 9 malam dan bisa selesai hingga sekitar pukul 3 dini hari. Mau tak mau, Anda pun jadi begadang tiap malam hingga sebulan lamanya. Padahal, kebiasaan begadang bisa berdampak buruk bagi tubuh, bikin Anda gampang sakit.

Kebanyakan orang mengorbankan waktu istirahatnya saat Piala Dunia berlangsung. Padahal, terpotongnya waktu istirahat di malam hari bisa menimbulkan berbagai keluhan seperti badan lemas, letih, gangguan suasana hati, penurunan performa dan fokus saat bekerja, serta perubahan siklus tidur yang bisa memberikan efek stres.

Begadang bikin Anda gampang sakit?

Begadang jelas membuat tubuh Anda gampang sakit karena kondisi tersebut memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki tidur yang berkualitas atau tidur yang cukup lebih mungkin untuk sakit setelah terpapar virus, seperti virus influenza contohnya.

Selain itu, kurang tidur juga bisa memengaruhi seberapa cepat Anda kembali sehat atau pulih jika Anda sakit. Pada saat tidur, sebetulnya sistem kekebalan tubuh Anda melepaskan protein yang disebut sitokin, beberapa di antaranya membantu Anda untuk tidur.

Sitokin tertentu dapat meningkat ketika Anda memiliki infeksi atau peradangan, atau ketika Anda sedang stres. Nah, begadang bisa menurunkan produksi sitokin tersebut. Selain itu, antibodi dan sel-sel yang berfungsi untuk melawan infeksi juga menjadi lebih tidak aktif selama periode ketika Anda tidak memiliki waktu untuk tidur yang cukup.

Kebiasaan begadang bisa berdampak buruk bagi tubuh, bikin Anda gampang sakit. Karena itu, Anda harus pandai cara mensiasatinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News