Waspada! 5 Kebiasaan Malam Hari Ini Bisa Bikin Kulit Rusak

Waspada! 5 Kebiasaan Malam Hari Ini Bisa Bikin Kulit Rusak
Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

jpnn.com - Setiap orang setidaknya punya satu masalah kulit wajah yang butuh perawatan ekstra, misalnya kulit berminyak, berjerawat, atau timbul flek hitam. Tapi, bagaimana jadinya bila Anda sudah rutin pakai skin care dan obat dokter tapi kulit masih terlihat tidak sehat? 

Tanpa disadari, ini bisa terjadi kalau Anda kerap melakukan beberapa kebiasaan di malam hari yang justru menjadi penyebab kulit rusak! 

Dokter Devia Irine Putri menjabarkan beberapa kebiasaan buruk di malam hari yang bisa jadi faktor kulit Anda kurang sehat meski sudah pakai produk skin care setiap hari, yaitu: 

1. Kamar yang Tidak Dibersihkan dengan Benar 

Situasi kamar yang berantakan bisa membuat debu menempel pada permukaan meja rias, kasur, bantal, bahkan selimut Anda. Partikel debu yang menempel pada permukaan bantal otomatis akan berpindah ke wajah. Ini bisa meningkatkan risiko wajah jadi berjerawat, gatal, dan iritasi. 

2. Makan Makanan Berlemak sebelum Tidur

“Bila Anda gemar ngemil di malam hari dan memilih makanan berlemak seperti kentang goreng, nasi, dan makanan cepat saji lainnya, tidak heran kalau wajah Anda jadi beruntusan. Minyak dan lemak dalam makanan-makanan tersebut akan sulit untuk dicerna, terutama di malam hari.

Akibatnya, lemak dan minyak akan menumpuk lalu berpengaruh pada kesehatan tubuh, termasuk kulit. Selain itu, risiko obesitas juga bisa Anda dapatkan,” ujar dr. Devia. 

Dokter Devia Irine Putri menjabarkan beberapa kebiasaan buruk di malam hari yang bisa jadi faktor kulit Anda kurang sehat meski sudah pakai produk skin care setiap hari.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News