Horeee... Ada Kabar Gembira Buat Ribuan Tenaga Honorer Daerah Ini

Horeee... Ada Kabar Gembira Buat Ribuan Tenaga Honorer Daerah Ini
Honorer Batam. Foto: Dok Batam Pos / JPG

jpnn.com - BATAM - Setelah tiga bulan tanpa kejelasan, akhirnya ribuan tenaga honorer dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Provinsi Kepri, bulan ini bisa bernapas lega. 

Pasalnya, bulan ini gaji yang sempat tertunda selama tiga bulan, sudah bisa dicairkan, menyusul selesainya verifikasi.

Kendati demikian, Pemko punya syarat untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebelum mencairkan gaji para tenaga honorernya. Yaitu menyelesaikan laporan Rencana Kerja Anggaran (RKA). Setelah itu, SKPD harus membuat kontrak para honorer dan THL. Selanjutnya, gaji para honorer dan THL harus sesuai Satuan Harga Batam (SHB).

”Kontraknya hanya satu tahun saja, tidak ada yang panjang,” ujar Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata seperti dikutip dari batampos.co.id (JAwa Pos Group), Senin (28/3).

Setiap tahun, lanjutnya, para tenaga honorer dan THL itu akan dilihat kinerjanya. Yang berkinerja baik akan perpanjangan kontrak. Namun bila kinerjanya buruk, tak akan ada perpanjangan kontrak.

”Kalau syarat ini sudah dipenuhi SKPD, maka bisa membayarkan gaji para honoer dan THL sesuai SHB,” jelasnya.

Jadi, kata Ardi, cepat atau lambatnya penggajian para honorer dan THL ini tergantung SKPD masing-masing. Bila SKPD bersangkutan cepat menyelesaikan syarat-syarat tersebut, maka dapat segera menikmati gaji mereka.

”Ya, gajinya nanti dibayarkan full, tiga bulan,” sebutnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News