Hortikultura di Bumi Kepala Burung Terus Meningkat

Hortikultura di Bumi Kepala Burung Terus Meningkat
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sorong, Benyamin Halatu, saat mendampingi kunjungan kerja Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Hortikultura Kementerian Pertanian. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BORONG - Selepas mendarat di Bandara Dominic Eduard Osoc sebagai pintu gerbang ke wilayah Sorong Raya Provinsi Papua Barat , kita akan menyaksikan perkembangan kota Sorong dan sekitarnya yang begitu pesat.

Kota yang dijuluki Kota Minyak sejak jaman pendudukan Belanda tersebut, saat ini tumbuh menjadi kota jasa dan pariwisata. Hotel dan pusat perbelanjaan modern mulai berjamuran. Terlebih sejak kawasan wisata Raja Ampat semakin tersohor, turut memantik percepatan ekonomi Sorong Raya.

"Sektor pertanian, khususnya hortikultura di sekitar kota Sorong jadi ikut berkembang pesat seiring dengan membaiknya akses pemasaran ke kota Sorong", ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sorong, Benyamin Halatu, saat mendampingi kunjungan kerja Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Hortikultura Kementerian Pertanian, Kamis (19/7).

Menurut Bunyamin, saat ini di daerahnya telah berkembang budidaya aneka sayuran seperti cabai, tomat, bayam, kangkung, bawang merah dan buah-buahan seperti melon, semangka, pepaya dan buah naga.

"Untuk cabai dan sayuran daun, yang dulunya masih didatangkan dari luar Papua Barat, saat ini telah mampu dipasok dari petani lokal," ungkap Benyamin.

Hal ini dikarenakan di Kabupaten Sorong saat ini, sentra produksi cabai sudah tumbuh di beberapa distrik antara lain Aimas, Maryat, Salawaty, Klamono dan Mayamuk dengan total luas eksisting sekarang lebih dari 300 hektar.

"Harga cabai disini bisa dikatakan stabil karena sudah mampu dipasok dari petani lokal secara rutin," sambung Bunyamin.

Saat monitoring lapang, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Prihasto Setyanto mengaku senang dengan perkembangan pesat hortikultura di Sorong.

Sektor pertanian, khususnya hortikultura di sekitar kota Sorong ikut berkembang pesat seiring dengan membaiknya akses pemasaran ke kota Sorong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News