Hubungan Antara Diabetes Dan Kemandulan

Hubungan Antara Diabetes Dan Kemandulan
Hubungan Antara Diabetes Dan Kemandulan
KETIKA seorang wanita tidak hamil, bahkan setelah setahun mencoba tanpa menggunakan kontrasepsi, hal itu bisa dikatakan sebagai infertilitas ( ketidaksuburan). Mungkin salah satu sebabnya adalah karena diabetes.

Perempuan muda yang menderita diabetes, baik tipe 1 atau tipe 2, cenderung mulai menstruasi sedikit di kemudian hari daripada wanita tanpa diabetes. Kita tahu bahwa insulin juga merupakan hormon, jadi ketika anda menderita diabetes, anda memiliki ketidakseimbangan hormon.

Ketika sebuah hormon tidak lagi seimbang, hal itu dapat memicu efek domino seperti ketidak seimbangan tingkat estrogen, progesteron dan testosteron. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan berbagai efek samping, mulai dari kista ovarium, disfungsi ereksi hingga infertilitas. Wanita diabetes juga rentan terhadap keguguran, yang terjadi karena tingginya kadar gula beracun bagi embrio yang sedang berkembang.

"Selain itu, kerusakan DNA pada sperma pria penderita diabetes lebih tinggi daripada di sperma laki-laki yang tidak memiliki diabetes. Mereka menyarankan hal ini dapat membuat pria penderita diabetes kurang subur, "kata Dr Ishola Agbaje, seorang peneliti di Reproductive Medicine Research Group di Universitas Queen, Belfast ,menurut laman Times of India,Rabu ( 1/5 ).(fny/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Dehidrasi Bisa Picu Emosi

KETIKA seorang wanita tidak hamil, bahkan setelah setahun mencoba tanpa menggunakan kontrasepsi, hal itu bisa dikatakan sebagai infertilitas ( ketidaksuburan).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News