Hujan tak Surutkan Semangat Ribuan Pesepeda Ikuti Gowes Nusantara 2019 Etape Tarakan

Hujan tak Surutkan Semangat Ribuan Pesepeda Ikuti Gowes Nusantara 2019 Etape Tarakan
Gowe Nusantara 2019 Etape Tarakan, Kalimantan Utara. Foto: kemenpora

jpnn.com, TARAKAN - Hujan yang mengguyur Kota Tarakan, Kalimantan Utara, tak menyurutkan 3.000 pesepeda mengikuti ajang Gowes Nusantara 2019 yang menjadi salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Minggu 25 Agustus pagi.

Sejak pukul 06.00 WITA, para peserta telah berkumpul di garis start yang mengambil tempat di Stadion Dato Adil, Tarakan. Staf ahli Kemenpora Jonni Mardizal, Wali Kota Tarakan Khairul, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Tarakan Suparlan melepas langsung peserta Gowes Nusantara 2019 ditandai pengibaran bendera start.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Menang Telak atas Persika, Dutra Cetak Satu Gol

Mereka pun turut berpartisipasi menggowes sepeda melahap salah satu dari dua jarak tempuh yang ditawarkan. Di mana etape Tarakan Smart City menawarkan dua jarak tempuh berbeda, yakni tiga kilometer dan 13 kilometer.

"Alhamdulillah tiga minggu tidak hujan, hari ini kita gowes diberikan keberkahan hujan, untuk itu kita bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Penunjukkan Tarakan sebagai penyelenggara Gowes Nusantara 2019 ini cukup ketat, karena dari 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, Tarakan satu dari 40 kota yang terpilih," kata Jonni Mardizal mewakili Menpora Imam Nahrawi yang berhalangan hadir.

"Tadinya ada 150 kabupaten/kota, terus disaring lagi. Berkat kegigihan pemerintah kota akhirnya ditunjuk lagi Tarakan untuk kali ketiga menjadi tuan rumah. Itu menunjukkan kepedulian pemerintah kota Tarakan terhadap olahraga patut diapresiasi," sambung staf ahli bidang ekonomi kreatif Kemenpora itu.

Sementara, Kadispora Tarakan Suparlan menjelaskan penentuan dua jarak tersebut agar bisa memberikan opsi peserta. Pasalnya, peserta Gowes Nusantara 2019 Tarakan terbuka untuk umum mulai dari anak-anak hingga dewasa.

"Kita punya dua jarak tempuh. Pertama berjarak tiga kilometer yang diperuntukkan untuk anak-anak dan pemula atau sepeda onthel dan sepeda custom. Kemudian rute kedua sepanjang 13 kilometer mengitari Kota Tarakan," ujar Suparlan.

Hujan yang mengguyur Kota Tarakan, Kalimantan Utara, tak menyurutkan 3.000 pesepeda mengikuti ajang Gowes Nusantara 2019 yang menjadi salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Minggu 25 Agustus pagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News