Humas Selalu Kalah dengan Media

Humas Selalu Kalah dengan Media
Humas Selalu Kalah dengan Media
JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan, peran Bagian Humas di setiap instansi sangat penting di era keterbukaan seperti sekarang ini. Tugas Kepala Bagian Humas juga cukup berat lantaran harus tahu semua masalah. Pinter saja tidak cukup, tapi harus dilengkapi kemampuan membangun komunikasi dengan media massa.

Gamawan mengaku kesulitan saat menentukan siapa yang akan menduduki jabatan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen Kemendagri) yang menjalankan peran kehumasan.

"Cari orang Humas itu susah. Padahal (Kapuspen) itu eselon II, tapi lebih susah dibanding mencari orang eselon I. Karena dia harus hati-hati, cermat dalam menyampaikan pernyataan ke publik," ujar Gamawan Fauzi saat berbicara sebagai Keynote Speaker di acara Forum Kehumasan Pusat dan Daerah Tahun 2011 di Jakarta, Kamis (1/12).

Intinya, lanjut Gamawan, Bagian Humas harus mampu menyelamatkan institusinya dari pemberitaan-pemberitaan buruk. Dia memberi contoh, sesuatu yang buruk menjadi headline di halaman satu. Tapi begitu dikirimi hak jawab, dimuat kecil di halaman dalam. "Kita tak bisa apa-apa. Coba bagaimana menghadapinya?" kata Gamawan. Namun, lanjutnya, kinerja Humas juga sangat tergantung dari kinerja institusi itu sendiri.

JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan, peran Bagian Humas di setiap instansi sangat penting di era keterbukaan seperti sekarang ini. Tugas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News