Hunian Kumuh Dominan, 183 Daerah Masih Tertinggal

Hunian Kumuh Dominan, 183 Daerah Masih Tertinggal
Hunian Kumuh Dominan, 183 Daerah Masih Tertinggal
JAKARTA - Sekretaris Utama Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal (PDT), Lucky Korah, mengungkapkan bahwa Indonesia masih mengoleksi 183 kabupaten tertinggal. Faktor utama ketertinggalan tersebut karena banyak daerah didominasi kawasan kumuh.

"Kita sebut tertinggal dan miskin karena memang banyak penduduknya tidak punya rumah. Kalaupun ada rumah, lokasinya di daerah kumuh sehingga kemiskinan tampak nyata," kata Lucky di Jakarta, Jumat (3/6).

Mantan walikota Manado dan Plt gubernur Sulut ini menambahkan, status ketertinggalan dan miskin ini bisa diubah bila daerah proaktif menyediakan fasilitas perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). "Jadi daerah miskin atau tidak tergantung pada sejauh mana perhatian pemda untuk mendukung program perumahan di daerah," ujarnya.

Sementara Menpera Suharso Monoarfa mengatakan, Pemda yang ingin hengkang dari dari kategori daerah tertinggal harus bisa mengantisipasi 14 kriteria kemiskinan. dari 14 kriteria tersebut, empat di antaranya menyangkut masalah perumahan. "Dukungan pemda dalam program perumahan bisa berupa penyediaan lahan untuk lokasi perumahan masyarakat dan masalah perizinan,” tuturnya.

JAKARTA - Sekretaris Utama Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal (PDT), Lucky Korah, mengungkapkan bahwa Indonesia masih mengoleksi 183 kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News