HUT Bu Mega Dirayakan Secara Istimewa di Bali

HUT Bu Mega Dirayakan Secara Istimewa di Bali
Wakil Ketua DPD PDI Bali I GN Kesuma Kelakan (kiri baju merah) memimpin penanaman 2 ribu pohon mangrove di Pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Bali, Minggu (23/1). DPP PDIP

jpnn.com, BALI - Perayaan HUT ke-75 Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak hanya dirayakan dengan penanaman pohon belaka. Milad Presiden Kelima RI itu juga disemarakkan melalui kearifan lokal Bali.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPD PDI Bali I GN Kesuma Kelakan ketika memimpin penanaman 2 ribu pohon mangrove di Pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Bali, Minggu (23/1).

“Merayakan Tumpek Uye sebagai pelaksanaan tata titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal sad kerti dalam Bali era baru,” ujar pria yang akrab disapa Alit Kelakan itu di sela-sela penanaman pohon.

Dalam kegiatan penanaman pohon itu hadir juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Klungkung AA Gede Anom, serta Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Penanaman pohon mangrove yang dihadiri ribuan kader dan simpatisan PDI Perjuangan.

Alit Kelakan mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian acara memperingati HUT Ke-49 PDI Perjuangan dan milad ke-75 Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Selain itu, penanaman pohon ini juga dirangkaikan dengan perayaan umat Hindu, Rahina Tumpek Uye.

Anggota Fraksi PDIP di DPR RI itu menginformasikan penanaman pohon juga dilaksanakan di Pantai Desa Lembongan, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Badung, dan Kota Denpasar.

“Gerakan menanam pohon ini dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia. Jenis pohon yang ditanam disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing. Ini merupakan program PDI Perjuangan untuk penyelamatan lingkungan dan ekosistem,“ kata dia.

Alit Kelakan juga menyebutkan PDI Perjuangan Bali sangat peduli dengan isu lingkungan. Hal ini ditunjukkan pada  peringatan Tumpek Uye pada Sabtu (29/1) mendatang, sebagai ‘Hari Lingkungan Hidupnya Masyarakat Bali’.

Para kader PDIP meramaikan HUT Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri alias Bu Mega. Ada perayaan yang khas dilaksanakan oleh kader PDIP di Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News