HUT ke-47, Munir Diabadikan Nama Jalan dan Monumen

HUT ke-47, Munir Diabadikan Nama Jalan dan Monumen
HUT ke-47, Munir Diabadikan Nama Jalan dan Monumen
JAKARTA - Pemerintah kota (pemkot) Batu, Jawa Timur memenuhi komitmennya untuk memberikan simbolisasi bentuk penghargaan kepada warga kebanggaannya, aktivis Hak Azasi Manusia (HAM) alm Munir Said Thalib. Dalam peringatan hari ulang tahun ke-47 Munir pada Desember nanti, akan dihelat pagelaran budaya sekaligus peresmian jalan dan monumen untuk Munir di kota Batu.

 

Kepastian untuk merayakan HUT Munir dengan sejumlah pagelaran seni dan budaya itu disampaikan mantan Koordinator Kontras Usman Hamid di Wisma Aria, Jakarta, Kamis (29/11). Usman menyatakan, perayaan ini sengaja diinisiasi para aktivis HAM dan para seniman untuk memberikan penghargaan kepada Munir. "Ini usaha agar para anak muda terus mengingat, mengetahui dan mengambil inspirasi dari Munir," ujar Usman.

Bersama Usman, tampak istri alm Munir Suciwati, seniman Butet Kartaredjasa, Koordinator Kasum Hendardi, budayawan Goenawan Mohamad dan walikota Batu Eddy Rumpoko. Hari ulang tahun Munir dirayakan setiap 8 Desember. Namun, untuk pagelaran seni dan budaya itu direncanakan digelar pada 2-3 Desember.

 

Menurut Usman, sejumlah seniman Jogjakarta serta musisi seperti Glenn Fredly dan Melani Subono akan tampil dalam pagelaran tersebut. Budayawan Goenawan juga akan menyamapaikan petisi online terkait monumen Munir. "Wali Kota Batu juga akan mengeluarkan peraturan daerah terkait jalan dan monumen untuk Munir," kata Usman.

JAKARTA - Pemerintah kota (pemkot) Batu, Jawa Timur memenuhi komitmennya untuk memberikan simbolisasi bentuk penghargaan kepada warga kebanggaannya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News