HUT ke-48 PDIP, Deddy Sitorus: Partai Kedepankan Kehidupan dan Peradaban

HUT ke-48 PDIP, Deddy Sitorus: Partai Kedepankan Kehidupan dan Peradaban
Seluruh kader PDIP Surabaya solid jelang Pilkada 2020. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hari ini PDI Perjuangan memperingati HUT ke-48 dengan berbagai aktivitas, dengan dua acara puncak berupa penanaman pohon dan tumpengan bersama rakyat. Menurut Deddy Sitorus,

Anggota Fraksi PDIP DPR RI Deddy Sitorus mengatakan, perayaan HUT tahun ini mengusung tema “Indonesia Berkepribadian Dalam Berkebudayaan”.

Menurut Deddy, tema ini dirancang sebagai respons terhadap dinamika politik tanah air yang selama beberapa tahun terakhir diwarnai oleh kecenderungan meningkatnya gerakan anti ke-bineka-an, anti kebudayaan dan bahkan anti terhadap Pancasila.

Pada saat bersamaan DPP Partai juga melihat kecenderungan meningkatnya kerusakan terhadap lingkungan hidup, terutama ekosistem sungai yang berdampak terhadap kehidupan manusia seperti: banjir, tanah longsor, pencemaran dan berbagai bentuk kerusakan ekologis lainnya.

Oleh karena itulah menurut Deddy, DPP PDI Perjuangan memutuskan untuk fokus pada dua kegiatan utama yaitu: Gerakan Menanam Pohon di Daerah Aliran Sungai, yang dilakukan di seluruh Indonesia dengan pusat kegiatan hari ini di sepanjang aliran Sungai Ciliwung.

"Kegiatan ini mengambil tema “Sungai Jalan Peradaban” dan diharapkan mampu menggugah kesadaran, terutama generasi milenial bahwa lingkungan hidup terutama sungai adalah pilar peradaban dan kunci keberlanjutan hidup manusia," kata Deddy, Minggu (10/1).

"Seluruh peradaban besar manusia di dunia ini umumnya berbasis sungai, hampir semua kota besar di dunia juga pasti berada di aliran sungai. Oleh karena itu menyelamatkan sungai berarti menyelamatkan manusia dan peradabannya, generasi milienial harus menyadari itu," ujar Deddy.

Selain itu, saat ini bumi dihantui oleh masalah dampak perubahan iklim yang sangat berdampak kepada seluruh aspek kehidupan manusia. Dampak dari perubahan iklim akan berakibat fatal bagi penduduk bumi yang menggantungkan kehidupannya di sektor pertanian dan kelautan, bagi anak-anak, perempuan dan yang berusia lanjut.

Hari ini PDI Perjuangan memperingati HUT ke-48 dengan berbagai aktivitas, dengan dua acara puncak berupa penanaman pohon dan tumpengan bersama rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News