Hutan Gunung Solasih Diduga Sengaja Dibakar

Hutan Gunung Solasih Diduga Sengaja Dibakar
Kobaran api membakar Hutan Gunung Solasih. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, BOGOR - Hutan Gunung Solasih di Kampung Babakan Nyantai, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hangus terbakar, Kamis (26/9).

Api mulai menjalar usai azan magrib, tepatnya pukul 18.30 WIB. Menurut saksi mata, awalnya api kecil, namun mulai meluas semua sisi gunung. “Saya terakhir lihat jam sembilan malam, asapnya sampai penuh mengepul kelihatan apinya,” kata saksi yang enggan disebutkan namanya saat ditemui di Kantor Kecamatan Sukamakmur, Kamis (26/9).

Sementara, Sekretaris Kecamatan Sukamakmur Sobar Mansoer mengatakan, api yang menyala cukup lama ini menghabiskan tiga titik lahan yang berada di atas gunung. “Ramai setelah membesar dan kelihatan warga,” katanya.

Menurut isu yang berseliweran di masyarakat, pelaku pembakaran merupakan salah seorang warga yang hendak membuka lahan. Hanya saja, dia perlu memastikan keterkaitan warga dari hasil laporan Pemerintah Desa.

“Awalnya membuka lahan, tahunya merambat membesar. Lebih jelasnnya bisa ditanyakan langsung ke Pjs Kepala Desa,” ujar Sobar. (rp1/c)

Menurut isu yang berkembang di masyarakat, pelaku pembakaran hutan Gunung Solasih merupakan salah seorang warga yang hendak membuka lahan.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News