IAPI Lantik Pengurus Forum Akuntan Investigator Indonesia

IAPI Lantik Pengurus Forum Akuntan Investigator Indonesia
Jajaran pengurus FAIr IAPI yang dilantik di Jakarta, Kamis (5/10/2023). Foto: dokumen IAPI

jpnn.com, JAKARTA - Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menggelar pelantikan pengurus Forum Akuntan Investigator Indonesia (FAIr) di Jakarta, Kamis (5/10).

Pengukuhan kepengurusan FAIr menjadi tonggak sejarah perjalanan IAPI dalam mendukung dan memajukan bidang akuntan investigator tanah air.

Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja mengatakan dalam merespons kebutuhan dunia usaha, lembaganya terus fokus mendukung akuntan publik dalam perluasan jasa, antara lain membuka sertifikasi jasa investigasi atau certified professional investigator (CPI).

"Ini bertujuan untuk memastikan integritas dan keandalan informasi keuangan serta membantu mengidentifikasi dalam mengatasi masalah kecurangan atau ketidakpatuhan yang mungkin terjadi," kata Hendang.

Sementara itu, Ketua FAIr IAPI Irwanto berharap organisasi yang dia pimpin bakal menjadi kekuatan pendorong pertumbuhan dan perkembangan profesi akuntan investigator di Indonesia.

"IAPI mengakui peran penting akuntan investigator dalam menjamin transparansi dan keadilan dalam dunia bisnis dan hukum,” ujar Irwanto dalam sambutannya di acara yang dihadiri Kepala Bidang Perizinan dan Kepatuhan Profesi Akuntansi Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Kementerian Keuangan Triyanto.

Dia menjelaskan bahwa FAIr IAPI memiliki sejumlah peran penting dalam mengembangkan dan memajukan komunitas akuntan investigator di Indonesia. Di antaranya untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas anggota IAPI, sebagai wadah komunikasi dan edukasi, serta menjadi tempat diskusi dan mencari solusi terbaik.

Adapun FAIr diinisiasi dari Komite Jasa Investigasi dan dibentuk untuk dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan profesi akuntan investigator di Indonesia.

Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menggelar pelantikan pengurus Forum Akuntan Investigator Indonesia (FAIr) di Jakarta, Kamis (5/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News