JPNN.com

Ibu Ani

Oleh Dahlan Iskan

Sabtu, 01 Juni 2019 – 04:04 WIB
Ibu Ani - JPNN.com

jpnn.com - Kaget. Ibu Ani Yudhoyono dikabarkan tidak sadarkan diri. Kemarin. Kelihatannya bukan hoaks.

Ada sumber beritanya yang tepercaya: wakil sekjen DPP Partai Demokrat. Yang sudah biasa memberikan keterangan pers soal perkembangan kesehatan Ibu Ani.

Kaget. Karena berita minggu lalu begitu menggembirakan. Instagram Ibu Ani aktif lagi. Diisi dengan kegembiraan. Dan foto. Bahwa hari itu Ibu Ani tampak berada di halaman rumah sakit. Didampingi Pak SBY, sang suami.

Memang Ibu Ani di kursi roda. Namun wajahnya kelihatan optimistis. Teks foto itu juga menimbulkan banyak harapan. Berisi kegembiraan. Bahwa sejak tiga bulan lalu baru hari itulah bisa menikmati alam bebas. Tidak lagi seperti tiga bulan sebelumnya: selalu hanya di kamar perawatan.

Waktu pertama berkunjung ke NUHS saya dapat gambaran jelas mengenai penyakit Bu Ani. Dari cerita Pak SBY sendiri. Termasuk bagaimana proses penyembuhannya.

Waktu itu Ibu Ani berada tahap 2 kemoterapi. Tahap 2 (atau serial kedua) itu sudah hampir selesai. Seminggu lagi dokter akan mengevaluasi: apakah kadar kanker darahnya sudah turun.

Kalau sudah di bawah 5, tahap pengobatan berikutnya bisa dilakukan: transplantasi stem cell sumsum tulang belakang. Yang mau menjadi donor sumsum pun sudah ada. Sudah siap. Sudah diperiksa. Sudah sangat memenuhi syarat: adik Ibu Ani sendiri. Jenderal Edhie.

"Kalau hasil evaluasi itu kadar kankernya belum di bawah lima akan dilakukan kemoterapi seri tiga," ujar Pak SBY saat itu. "Atau dokter memutuskan untuk menempuh cara lain," kata Pak SBY.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara