Ibu Rumah Tangga Jual Bahan Peledak

Ibu Rumah Tangga Jual Bahan Peledak
Ibu Rumah Tangga Jual Bahan Peledak

jpnn.com - JELANG puncak perayaan tahun baru, jajaran Polres Magelang mengintensifkan razia petasan dan bahan peledak. Salah satu yang berhasil diungkap adalah N, 31 seorang ibu rumah tangga warga Dusun Tumbu TR 5 RW 3 Desa Purwodadi, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

Di rumah tersangka, polisi menemukan serbuk mercon siap pakai sebanyak 1 kilogram, potasium 5 kilogram, sumbu 33 lembar, selongsong mercon 36 buah, kertas bahan sumbu 1 pak dan lainnya. "Bahan-bahan itu sangat berbahaya dan rawan meledak," kata Kapolres Magelang AKBP Murbani Budi Pitono Senin (30/12).

Menurutnya, pembongkaran kasus ini bermuka dari informasi masyarakat. " Ini hasil razia kami di wilayah Kabupaten Magelang, guna mengantisipasi maraknya barang-barang berbahaya yang mengganggu kenyamanan dan ketenteraman masyarakat. Termasuk bahan peledak untuk membuat petasan atau mercon yang digunakan saat perayaan tahun baru," kata Murbani. 

Sementara itu, menurut pengakuan tersangka, bahan-bahan peledak untuk membuat petasan itu merupakan milik suaminya, SJ, 38. Saat ini dia ditetapkan sebagai buronan. 

Tersangka mengaku bahwa suaminya yang bekerja sebagai supir bus itu pernah ditangkap jajaran Polda Jateng 2011 lalu dengan kasus yang sama. 

Sedangkan belasan kilogram bahan petasan yang disita Polres Magelang itu merupakan sisa yang tidak diamankan Polda Jateng. 

"Biasanya suami saya yang jualan bahan-bahan ini di bulan Puasa atau menjelang Lebaran. Bahan-bahan ini dibungkus plastik per satu ons, tapi harganya saya tidak tahu," kata dia. 

Namun dia juga berkelit mengetahui bahwa suaminya menyimpan bahan peledak itu. "Sehari-hari saya ngasuh anak. Tidak tahu (kalau masih ada bahan peledak untuk mercon," katanya berkilah. 

JELANG puncak perayaan tahun baru, jajaran Polres Magelang mengintensifkan razia petasan dan bahan peledak. Salah satu yang berhasil diungkap adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News