ICC Terbitkan Surat Penangkapan Qadafi

ICC Terbitkan Surat Penangkapan Qadafi
ICC Terbitkan Surat Penangkapan Qadafi
DEN HAAG - Misi udara pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Libya genap 100 hari kemarin (27/6). Bersamaan dengan itu, Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap Pemimpin Libya Muammar Kadhafi dan dua kroninya. Yakni Saif al-Islam dan Abdullah al-Senussi.

   

Dalam dokumen resmi yang dibacakan saat sidang hearing kemarin, Hakim Sanji Mmasenono Monageng menyebut Kadhafi, Saif dan Senussi sebagai penjahat perang. Ketiganya diyakini sebagai dalang kekerasan yang mewarnai krisis politik dalam negeri Libya selama empat bulan terakhir.

"Hari ini (kemarin), mahkamah internasional menerbitkan surat perintah penangkapan untuk Muammar Kadhafi dan dua orang dekatnya," kata hakim perempuan asal Botswana tersebut.

ICC yakin, Kadhafi bersama putra kedua dan saudara iparnya itu sengaja memerintahkan pembunuhan, penganiayaan, penangkapan dan pemenjaraan ratusan warga sipil pada 12 hari pertama Revolusi Libya. "Setelah itu, mereka berusaha keras menutupi kejahatannya dengan berbagai rekayasa," ujar Monageng. Kemarin, dia mengatakan bahwa ICC sudah mengantongi beberapa bukti kuat yang mengarah pada keterlibatan tiga tokoh Libya tersebut.

DEN HAAG - Misi udara pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Libya genap 100 hari kemarin (27/6). Bersamaan dengan itu, Pengadilan Kriminal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News