ICMI: Rekonsiliasi Jokowi - Prabowo Tidak Perlu Dipaksakan, Alamiah Saja

ICMI: Rekonsiliasi Jokowi - Prabowo Tidak Perlu Dipaksakan, Alamiah Saja
Jimly Asshiddiqie. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menyebut rekonsiliasi politik antara kontestan Pilpres 2019 harus berlangsung alamiah. Pihak lain tidak perlu memaksakan Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto menggelar rekonsiliasi.

"Saya rasa untuk rekonsiliasi itu alamiah saja. Enggak usah dipaksakan," kata Jimly ditemui di Jakarta Selatan, Jumat (5/7).

Menurut Jimly, Prabowo dan Jokowi sudah menyatakan sikap atas perolehan suara Pilpres 2019. Keduanya mengakui hasil perolehan suara yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Semua sudah menerima hasil pemilihan umum, putusan sudah final dan mengikat. Kubu Prabowo juga sudah menerima kan," ucap dia.

BACA JUGA: Moeldoko Sebut Rekonsiliasi Jokowi - Prabowo Tidak Penting Lagi, Semua Sudah Selesai

Di sisi lain, kata dia, rekonsiliasi sebagai wacana merupakan hak yang bisa disampaikan setiap warga negara. Namun, bukan berarti Prabowo dengan Jokowi dipaksakan saling bertemu.

"Jadi, rekonsiliasi sebagai ide itu baik, tetapi enggak usah dipaksakan. Jadi yang jauh lebih penting bagi semua bagaimana mengelola perbedaan itu sampai lima tahun," pungkas dia. (mg10/jpnn)


Jimly Asshiddiqie meminta pihak lain tidak perlu ikut memaksakan rekonsiliasi Jokowi - Prabowo terjadi.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News