ICW Beber Anggota DPR Penerima Cek

ICW Beber Anggota DPR Penerima Cek
ICW Beber Anggota DPR Penerima Cek
JAKARTA – Upaya membongkar temuan 400 cek perjalanan (traveler’s cheque) untuk anggota Komisi IX DPR periode 1999–2004 mulai dilanjutkan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan anggota DPR Agus Condro sebagai materi awal penyelidikan. ’’Ini level penyelidikan. Yang bersangkutan hanya dimintai keterangan, bukan saksi,’’ kata Juru Bicara KPK Johan Budi S.P. di Jakarta Minggu (21/9).

Pemanggilan Agus merupakan tindak lanjut pernyataan Ketua KPK Antasari Azhar bahwa pihaknya telah memulai penyelidikan kasus terkait dengan pemilihan Miranda Goeltom sebagai dewan gubernur senior Bank Indonesia (BI) pada 2004 tersebut. Dia menambahkan, keterangan Agus merupakan pintu masuk untuk membongkar aliran cek itu. KPK berharap, dari pengakuan Agus tersebut, penyelidik bisa membangun kepingan-kepingan informasi untuk menemukan peristiwa pidana. ’’Kalau bangunannya sudah jelas, baru nanti berkembang,’’ ujarnya.

Bila KPK yakin bahwa ada peristiwa pidana dalam pembagian cek tersebut, penyelidikan bisa berkembang menjadi penyidikan. ’’Yang penting itu ada peristiwa pidananya dulu, baru kemudian bisa melebar kepada pemberi dana tersebut,’’ jelasnya.

Terkait dengan penelusuran dana tersebut, KPK sebenarnya sudah mendapatkan banyak dukungan. Sebelumnya, kepada Jawa Pos, Bank Internasional Indonesia (BII) yang namanya sempat dicatut oleh Agus Condro terkait pencairan cek perjalanan tersebut siap buka-bukaan soal mekanisme pembelian serta pencairan cek perjalanan.

JAKARTA – Upaya membongkar temuan 400 cek perjalanan (traveler’s cheque) untuk anggota Komisi IX DPR periode 1999–2004 mulai dilanjutkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News