ICW: Herman Mundur, Satgas jadi Lebih Cepat

ICW: Herman Mundur, Satgas jadi Lebih Cepat
ICW: Herman Mundur, Satgas jadi Lebih Cepat
JAKARTA- Mundurnya Inspektur Jenderal Polisi Herman Effendi dari Satgas Mafia Hukum dinilai akan sangat menguntungkan tim bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut. Satgas mafia hukum yang selama ini berada di jalur lambat bisa pindah posisi ke jalur cepat.

"Kalau banyak yang menyayangkan mundurnya Herman dari Satgas, saya justru sebaliknya. Saat ini Satgas kurang maksimal kerjanya. Padahal amanat SBY membentuk tim itu untuk menjadi leading dalam penuntasan mafia pajak dan hukum yang tidak bisa ditangani Kejaksaan maupun Kepolisian," tutur Febri Diansyah, peneliti hukum dari ICW di Jakarta, Senin (2/8).

Seharusnya, kata Febri, sebagai lembaga yang dibentuk langsung oleh presiden, Satgas lebih maju dalam menuntaskan kasus-kasus yang mencuat di permukaan. Sebut saja masalah rekening gendut perwira polisi, mafia pajak, mafia pertambangan, illegal loging, illegal fishing, dan lainnya.

"Kasus-kasus hukum tersebut sudah jadi rahasia umum kalau melibatkan aparat hukum juga. Aktornya bukan aparat di level bawah, tapi di level atas yang kemungkinan punya jabatan strategis," ungkapnya.

JAKARTA- Mundurnya Inspektur Jenderal Polisi Herman Effendi dari Satgas Mafia Hukum dinilai akan sangat menguntungkan tim bentukan Presiden Susilo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News