Ide Mesin Terbalik dari Suzuki

Ide Mesin Terbalik dari Suzuki
Dokumen paten inovasi motor Suzuki. Foto: Cycleworld

jpnn.com - Suzuki Motorcycle diam-diam mengembangkan motor terbaru dengan inovasi mesin yang dipasang secara terbalik.

Melalui dokumen paten yang bocor, disebutkan bahwa Suzuki sedang merancang sebuah mesin terbalik. Dokumen paten sudah didaftarkan di Jepang, yang berisi layout mesin yang tidak biasa. Demikian dilaporkan Cycleworld, Minggu (17/2).

Layout dalam bentuk sketsa menunjukkan bagian mesin dan transmisi terbalik menghadap ke arah dengan umumnya posisi mesin motor normal.

BACA JUGA: Suzuki Siapkan Strategi Jitu Hadapi Pasar Motor di 2019

Sementara itu, bagian silinder terlihat miring ke arah belakang, termasuk posisi knalpot dan intake. Posisi mesin tampak dengan silinder horizontal di antara rangka utama.

Sedangkan transmisi seperti ada di bawah mesin dan kepala silinder terbalik. Kini knalpot malah di posisikan di bagian mesin yang menghadap dengan silencer menggantung.

Lantas, apa manfaat dari inovasi Suzuki tersebut? Disebutkan ada dua manfaat yang bisa didapat. Pertama, tata letak memungkinkan wheelbase atau jarak sumbu roda lebih pendek. Sedangkan swing arm bisa lebih panjang. Sehingga stabilitas handling lebih mumpuni. Sayang, pihak Suzuki belum mengonfirmasi hal tersebut. (mg9/jpnn)


Suzuki Motorcycle diam-diam mengembangkan motor terbaru dengan inovasi mesin yang dipasang secara terbalik.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News