Ide Osama Tak Bisa Mati

Ide Osama Tak Bisa Mati
Ide Osama Tak Bisa Mati
BANDUNG -- Meski Osama bin Laden sudah tewas, tapi ide-ide dan ajaran perlawanannya tidak akan pernah mati. Meski diakui, kabar tewasnya pucuk pimpinan  Al Qaeda itu merupakan pukulan psikologis bagi para penganut gerakan radikal, namun inspirasi gerakan ala Osama tidak akan pernah surut.

Demikian dikatakan pengamat sosial Arianto Nurcahyo kepada wartawan di Bandung, kemarin. Bahkan, menurutnya, tewasnya Osama justru akan menumbuhkan motivasi balas dendam dari kelompok radikal dan makin menumbuhkan gerakan-gerakan yang seideologi dengan Osama.

"Kabar tewasnya Osama Bin Laden pasti melemahkan jaringan internasional Al Qaeda. Tapi selanjutnya Osama akan menjadi motivasi, bahkan inspirasi untuk pihak-pihak yang seideologi dengannya," kata Arianto.

Dikatakan, Osama sudah telanjur menjadi simbol perlawanan bagi kelompok Islam radikal. Bagi kelompok radikal dunia, ide-ide dan gerakan Osama akan menjadi panutan. "Tapi bagi Amerika, dia disebut gembong teroris buruan nomor satu," terangnya.

BANDUNG -- Meski Osama bin Laden sudah tewas, tapi ide-ide dan ajaran perlawanannya tidak akan pernah mati. Meski diakui, kabar tewasnya pucuk pimpinan 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News