Ideologi Salah Teroris Harus Diluruskan

Ideologi Salah Teroris Harus Diluruskan
Ideologi Salah Teroris Harus Diluruskan
JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso mengatakan pemberantasan terorisme di Indonesia tidak cukup hanya dengan fisik. Pemerintah harus melakukan langkah paralel. Karena itu, perlu ada pasukan cuci otak (brainwash) yang dimiliki Kementrian Agama (Kemenag) untuk meluruskan ideologis para teroris yang salah. Sehingga, para anggota teroris yang berhasil ditangkap bisa disadarkan kembali ke jalan yang benar.

"Kementrian Agama harus mempuyai pasukan untuk mencuci otak. Kalau tidak ya gak cukup dengan menghabisi secara fisik teroris yang ada. satu mati tumbuh seratus ribu," kata Sutiyoso di sela-sela diskusi Perspektif Indonesia di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (1/10).

Dalam kasus terorisme, Bang Yos sapaan akrab Sutiyoso, yang terjadi adalah pertaruhan ideologi. Kata dia, selama ini para pelaku tindak terorisme memandang bahwa yang berbeda dengan keyakinan dan berseberangan adalah musuh. "Ini kan pengertian salah yang harus dicuci. Yang nyuci bukan polisi, tentara dan Pemda, tapi para ustad dan ulama," ujarnya.

Tanpa adanya pencucian otak, kasus terorisme tidak akan pernah selesai. Kata dia, makanya tidak perlu heran ketika ada jenazah pelaku

terorisme yang dipulangkan dikampungnya mendapat sambutan seperti pejuang.

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso mengatakan pemberantasan terorisme di Indonesia tidak cukup hanya dengan fisik. Pemerintah harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News