Ikan Tuna Donggala Tembus Pasar Amerika

Ikan Tuna Donggala Tembus Pasar Amerika
Ikan Tuna Kabupaten Donggala, Sulteng tembus pasar Amerika dan Eropa. Getty Images

jpnn.com - PALU – Tuna hasil tangkapan nelayan Donggala, Sulawesi Tengah ternyata telah menembus pasar Amerika. Selama ini, penjualan tuna asal Donggala, dilakukan PT Prima Global Sukses. Perusahaan yang ber-base home di Kota Makassar Sulawesi Selatan tersebut adalah pengekspor tuna, yang sasaran pasarnya adalah Amerika dan Uni Eropa.

“Sebenarnya, kami juga menjual tuna ke Jepang, tetapi kalau di Jepang, tuna yang diekspor masih dalam bentuk utuh, sehingga tidak banyak memakai tenaga kerja, sehingga kurang mendukung program pemberdayaan. Sedangkan pasar Amerika dan Uni Eropa, tuna sudah dalam bentuk loin, cup serta model-model lain,” kata Direktur Utama PT Prima Global Sukses, Andi Syahdatul Bahriah seperti yang dilansir Radar Sulteng (JPNN Group), Rabu (2/4).

Menurut Andi Syahdatul, pasar Amerika sangat mengapresiasi tuna dari Donggala, karena kualitas dagingnya. Besarnya sambutan pasar Amerika dan Uni Eropa tersebut, sehingga mendorong PT Prima Global Sukses, menjalin kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU), dengan UPT Pelabuhan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah.

Penandatangan naskah MoU, dilaksanakan Selasa kemarin (1/4), bertempat di Hotel Citra Mulia. Naskah MoU, ditandatangani Andi Syahdatul Bahriah selaku Direktur Utama PT Prima Global Sukses, dengan Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng, Agus Sudaryanto APi MM. Penandatanganan kesepahaman dua pihak tersebut, disaksikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng, DR Ir Hasanuddin Atjo MP.

Dalam naskah MoU yang ditandatangani kemarin, disebutkan kalau PT Prima Global Sukses, diberikan wewenang untuk mengelola Mini Plant yang saat ini, tengah dibangun di dalam kompleks Pelabuhan Perikanan Labuan Bajo Donggala.

Hasanuddin Atjo, mengatakan dengan adanya MoU tersebut, maka nelayan di Donggala, khususnya nelayan penangkap tuna, semakin mendapatkan kepastian, dalam memasarkan hasil tangkapannya. Kepastian yang diperoleh nelayan, selain kepastian pasar, juga jaminan harga, yang bakal merujuk harga yang berlaku di pasar global.

“Selama ini, tuna dari Donggala harus dikirim dulu ke Makassar lalu baru kemudian diekspor ke Amerika dan Uni Eropa. Dengan adanya kerjasama dengan PT Primba Global Sukses ini, maka tuna Donggala, akan langsung diekspor ke Amerika dan Uni Eropa dari Donggala. Tuna tersebut, nantinya akan kita olah di Mini Plant yang dibangun Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng, tentunya dengan mengacu pada standar internasional,”kata Andi Syahdatul, yang datang bersama komisaris PT Prima Global Sukses, Afianto.

Andi Syahdatul dan Afianto, yang tidak lain adalah suaminya, masih tampak kelelahan, karena baru saja menempuh perjalanan udara selama 20 jam, karena ikut berpartisipasi dalam pameran produk perikanan, yang digelar di Kota Boston USA.

PALU – Tuna hasil tangkapan nelayan Donggala, Sulawesi Tengah ternyata telah menembus pasar Amerika. Selama ini, penjualan tuna asal Donggala,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News