Ikut Kirab di Samosir, Hasto Ajak Warga Membumikan Pancasila

Ikut Kirab di Samosir, Hasto Ajak Warga Membumikan Pancasila
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Umum TMP Maruarar Sirait (keduanya berjaket merah) dalam acara kirab kebangsaan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (23/9). Foto: publicist PDIP for JPNN

jpnn.com, SAMOSIR - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan mengajak warga Kabupaten Samosir di Sumatera Utara terus menggelorakan semangat kebangsaan. Menurutnya, semangat kebangsaan merupakan fundamen penting untuk menjaga sila Persatuan Indonesia dalam Pancasila.

Hasto menyampaikan ajakannya saat menghadiri kirab kebangsaan yang digelar Taruna Merah Putih (TMP) di Pangururan, Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (23/9). Masyarakat Samosir dan sekitarnya pun tumpah ruah mengikuti kirab itu.

Terlihat ikut menyemarakkan kirab kebangsaan berbalut budaya itu antara lain Ketua Umum TMP Maruarar Sirait, Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan wakilnya, Juang Sinaga, serta anggota Fraksi PDIP DPR Nico Siahaan. Bahkan seniman Edo Kondologit yang juga kader TMP ikut serta menyemarakkan kirab kebangsaan itu.

Hasto juga melepas kirab yang diawali di Terminal Onan Rungu dengan titik finis di tanah lapang Pangururan itu. Tak sekadar melepas kirab, Hasto juga ikut berpawai dengan berjalan kaki sepanjang 2 kilometer.

Ikut Kirab di Samosir, Hasto Ajak Warga Membumikan Pancasila

Hasto saat menyampaikan kata sambutan memuji langkah TMP menggelar kirab kebangsaan di Samosir. “Apalagi Samosir dikenal sebagai pusat kebudayaan. Untuk itu, DPP PDI Perjuangan memberikan apresiasi kepada TMP yang menggelorakan semangat cinta tanah air, menggaungkan Pancasila dari Samosir," ujar Hasto.

Pria asal Yogyakarta itu menambahkan, kirab kebangsaan itu penting untuk menjaga Indonesia yang dikenal punya berbagai macam suku dan budaya. Sebab, kirab kebangsaan mengusung semangat persatuan Indonesia.

“Mari kita bumikan Pancasila dangan semangat gotong royong dan kebangsaan serta tidak membeda-bedakan warga negara. Kita adalah satu apa pun agama, suku bangsa dan status sosial," papar Hasto di hadapan belasan ribu massa.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, semangat kebangsaan merupakan fundamen penting untuk menjaga sila Persatuan Indonesia dalam Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News