Ikut Pelatihan di P4S, Albertus Seperti Ketiban Durian Runtuh

Ikut Pelatihan di P4S, Albertus Seperti Ketiban Durian Runtuh
Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Petani Muda Keren di Buleleng, Bali. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BULELENG - Albertus Budiman Katu mengaku mendapat banyak pengetahuan selama mengikuti pelatihan keterampilan bisnis kewirausahaan dan magang melalui program Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program (IPDMIP).

Pelatihan ini merupakan program 2,5 juta petani milenial yang digaungkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Program pelatihan yang digelar Kementan ini, kata Albertus, memberikan pemahaman dan wawasan keilmuan pertanian yang komprehensif.

Dia menjelaskan ada empat materi inti yang diberikan. Pertama mengenai pengenalan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Petani Muda Keren.

Fokus materinya memetakan jenis wirausaha yang akan dikembangkan peserta, menentukan mitra kerja, hingga membuat manajemen rantai suplai produk yang efektif.

"Benar-benar full skill, seperti kena durian runtuh. Gratis, dapat banyak ilmu," jelas Albertus.

Materi selanjutnya yang menarik adalah Studi Banding Smart Farming. Di sini, lanjut Albertus, rekan-rekannya diajarkan mengenai pemanfaatn digital marketing, internet of think, dan mekanisme pertanian.

"Ini selaras dengan visi pak Menteri Pertanian, melahirkan petani milenial berbasis digital. Sangat aplikatif (program pelatihannya)," jelas Albertus.

Albertus Budiman Katu mengaku seperti mendapat durian runtuh selama mengikuti pelatihan keterampilan bisnis kewirausahaan melalui program IPDMIP di P4S Petani Muda Keren, Buleleng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News