IMF Tawarkan Pinjaman Tanpa Syarat

IMF Tawarkan Pinjaman Tanpa Syarat
IMF Tawarkan Pinjaman Tanpa Syarat
JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF) bisa jadi masuk lagi ke Indonesia. Lembaga donor multilateral yang pernah menjadi "teman" pemerintah dalam menghadapi krisis moneter 1998 itu, tak menutup kemungkinan untuk kembali membantu Indonesia.

Opsi ini terbuka dan bisa menjadi pilihan jika Indonesia mengalami kesulitan memenuhi neraca pembayarannya. Namun Kepala Badan Kebijakan Fiskal Depkeu Anggito Abimanyu memastikan Indonesia saat ini tidak akan memakai fasilitas itu.

Kondisi neraca pembayaran dan cadangan devisa masih cukup kuat. "Kondisi saat ini benar-benar berbeda dibanding saat krisis lalu," ujar Anggito di Kantor Depkeu, Senin (17/11).

Pinjaman jangka pendek dari IMF diberikan tanpa syarat bagi negara-negara yang dinilai memiliki kebijakan fiskal dan kondisi ekonomi yang baik. Itu tertuang dalam salah satu butir komunike pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara G 20 di Sao Paolo, Brasil. Indonesia adalah pengusung gagasan itu. Pinjaman jangka pendek tanpa syarat ini di luar program-program regular yang telah ada. "Jadi ini semacam program khusus dari IMF yang diberikan tanpa syarat atau tanpa letter of intent, untuk mencegah parahnya krisis global," kata Anggito.

JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF) bisa jadi masuk lagi ke Indonesia. Lembaga donor multilateral yang pernah menjadi "teman" pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News