Imigran Asing Dicurigai Pelarian Teroris

Imigran Asing Dicurigai Pelarian Teroris
Imigran Asing Dicurigai Pelarian Teroris
JAKARTA -- Intelejen kepolisian meningkatkan kewaspadaan terhadap makin banyaknya imigran asing yang datang ke Indonesia. Polisi khawatir para pelintas batas itu merupakan para anggota jaringan pelaku teror, yang sengaja bepergian dan berniat membangun jaringan teroris di Indonesia.

''Yang paling harus kita waspadai adalah mengalirnya imigran-imgran ilegal di Indonesia,'' ujar Kabareskrim Polri Komjen (Pol) Ito Sumardi di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (5/1). Saat ini, tambahnya, Indonesia belum mempunyai data terstruktur dan memadai mengenai asal muasal dan status para pelarian dari sejumlah negara konflik itu.

Sehingga dapat saja mereka sengaja datang ke Indonesia, dengan berdalih hendak menyeberang ke negera tetangga dengan niat tertentu. ''Apakah kita sudah berpikir, orang Afghanistan yang masuk ke Indonesia yang sudah 1000 orang itu, apakah kita sudah punya data mereka itu anggota taliban atau alqaida?,'' jelasnya.

"Kemudian orang Srilangka masuk ke sini, sudahkah kita punya data mungkin di antara mereka adalah anggota Macan Tamil, yang dari Iran, mungkin mereka anggota-anggota kelompok Islam radikal,'' tambahnya usai acara seminar Program Transnasional Crime, Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) di hotel tersebut.

JAKARTA -- Intelejen kepolisian meningkatkan kewaspadaan terhadap makin banyaknya imigran asing yang datang ke Indonesia. Polisi khawatir para pelintas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News