Indah Banget, Muncul Fenomena Matahari Kembar di Tarakan

Indah Banget, Muncul Fenomena Matahari Kembar di Tarakan
Matahari Kembar. Foto: Radar Tarakan

jpnn.com - TARAKAN – Sebuah fenomena alam kembali terjadi di Tarakan, Jumat (4/12) kemarin. Matahari yang biasanya terlihat hanya satu muncul dua. Fenomena itu dikenal dengan Sun Dog.

Namun, fenomena itu tak berlangsung lama. Matahari ganda itu hanya muncul pada pukul 17:49-17:50 WITA. Fenomena yang sama juga pernah terjadi di Kanada pada 2 November 2015. Warna yang dihasilkan pun nyaris sama, yakni merah kecoklatan.

“Fenomena atmosfer disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari melalui kristal es seperti yang diselenggarakan di awan cirrus. Mirip seperti teori cermin,” kata Raden Eko Sarjono, forecaster BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Bulungan.

Secara teori, Sun Dog terjadi ketika cahaya matahari bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal hexagonal yang tersusun secara horizontal di langit. Hal itu mengakibatkan cahaya dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat.

Proses ini bisa disamakan dengan terciptanya pelangi yang terbentuk karena cahaya matahari yang menyinari tetesan air di angkasa. Umumnya Sun Dog berwarna merah ketika berada pada jarak terdekat dari matahari. Ketika semakin menjauh dari matahari, warnanya akan berubah mengarah ke biru. (ddq/jos/jpnn)


TARAKAN – Sebuah fenomena alam kembali terjadi di Tarakan, Jumat (4/12) kemarin. Matahari yang biasanya terlihat hanya satu muncul dua. Fenomena


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News