Indef: Waspadai Inflasi Akhir Tahun

Indef: Waspadai Inflasi Akhir Tahun
Indef: Waspadai Inflasi Akhir Tahun
JAKARTA - Meski sepanjang Oktober dan awal November, inflasi diprediksi melamban, namun pengamat ekonomi dari Indef, Aviliani tetap meminta pemerintah mewaspadai lonjakan inflasi menjelang akhir tahun. Salah satunya disebabkan oleh bencana alam yang terjadi beruntun di tanah air. Mulai dari Wasior (Papua), Mentawai (Sumbar) dan Merapi (Jateng dan Jogjakarta).

"Beras cukup signifikan mempengaruhi angka inflasi. Yang harus diwaspadai, bila dampak bencana itu baru terasa pada akhir November ini dengan meningkatnya permintaan beras di beberapa daerah bencana dan daerah di luar bencana. Maka pemerintah harus mewaspadai lonjakan tersebut terhadap laju inflasi diakhir tahun,’’ kata Aviliani saat dihubungi wartawan di Jakarta, Sabtu (20/11).

Selain itu, menjelang akhir tahun pemerintah kata Aviliani juga perlu mewaspadai meningkatnya permintaan masyarakat terhadap Dolar Amerika. Karena beberapa perayaan besar seperti Natal dan tahun baru juga menyumbang permintaan barang yang tinggi ditengah masyarakat.

"Kalau untuk inflasi Oktober dan awal November masih wajar. Tapi akhir tahun nanti juga harus diwaspadai, jika pemerintah ingin mengejar target inflasi sesuai Anggaran Pendapatan Belanja Negara-Perubahan (APBN-P) 2010,’’ katanya.

JAKARTA - Meski sepanjang Oktober dan awal November, inflasi diprediksi melamban, namun pengamat ekonomi dari Indef, Aviliani tetap meminta pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News