India Luncurkan Kapal Selam Nuklir

India Luncurkan Kapal Selam Nuklir
Foto : bbc.co.uk
NEW DELHI - India kini sudah menyejajarkan diri dengan negara-negara maju yang mampu membikin kapal selam nuklir. Kemarin negeri berpenduduk terbesar kedua di dunia itu meluncurkan kapal selam nuklir bekekuatan 85 megawatt. Dengan daya sebesar itu, kapal bernama INS Arihant (penghancur musuh) tersebut mampu melaju 24 knot (44 km/jam) saat menyelam.

 

"Ini adalah tonggak bersejarah. Tapi, kami tidak bermaksud mengancam pihak mana pun. Kami sama sekali tidak punya tujuan agresif," kata Perdana Menteri India Manmohan Singh seperti dilansir AFP kemarin (26/7). Hingga kini, baru Amerika Serikat (AS), Rusia, Prancis, Inggris, dan Tiongkok yang mampu membikin kapal selam nuklir.

 

Kapal selam berbobot 6.000 ton dan panjang 112 meter itu merupakan unit pertama di antara lima kapal yang direncanakan. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat lima unit kapal selam itu USD 2,9 miliar (sekitar Rp 29 triliun). Menurut pejabat pertahanan India, kapal selam tersebut dipersenjatai sejumlah torpedo dan rudal balistik, serta bisa mengangkut 95 awak. Sebelum resmi bertugas pada 2015, kapal itu masih menjalani serangkaian uji coba.

 

Militer India hingga kini mempunyai 16 kapal selam bertenaga diesel. Namun, kapal selam buatan Rusia dan Jerman itu sudah uzur, rata-rata berumur 25?40 tahun. Selain itu, India menyewa sebuah kapal selam nuklir buatan Rusia. Negara bekas pecahan Uni Soviet itu pula yang memberikan bantuan teknis pembuatan kapal selam nuklir. India juga telah meneken kontrak senilai 2,4 miliar euro (sekitar Rp 33,6 triliun) untuk pembelian enam kapal selam Scorpene buatan Prancis-Spanyol.

 

NEW DELHI - India kini sudah menyejajarkan diri dengan negara-negara maju yang mampu membikin kapal selam nuklir. Kemarin negeri berpenduduk terbesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News