India Memanas: Pemimpin Oposisi Ditangkap, Demo di Mana-Mana

India Memanas: Pemimpin Oposisi Ditangkap, Demo di Mana-Mana
Kader Partai Aam Aadmi (AAP) berdemonstrasi di Delhi menentang penangkapan pemimpin mereka Manish Sisodia, Senin (27/2). Foto: Arun SANKAR / AFP

jpnn.com, DELHI - India dilanda kekacauan setelah Manish Sisodia, wakil menteri utama Delhi dari partai oposisi, ditangkap oleh Biro Investigasi Pusat (CBI) pada Minggu (26/2).

Demonstrasi pecah di seluruh negeri dan kritik keras dilontarkan terkait cara pemerintah Narendra Modi memperlakukan kubu oposisi.

Sisodia adalah anggota Partai Aam Aadmi (AAP) yang berkuasa di Daerah Ibu Kota Nasional Delhi, oposisi bagi Partai Bharatiya Janata (BJP) pimpinan Modi.

Dia dianggap sebagai sosok moderat yang telah memimpin dorongan modernisasi untuk sekolah-sekolah di ibu kota, meskipun partainya jelas memiringkan populis ke kanan.

Sisodia ditangkap oleh CBI setelah lebih dari delapan jam interogasi sehubungan dengan dugaan penyimpangan dalam kebijakan cukai minuman keras yang sekarang dihapuskan untuk ibu kota negara.

Menurut CBI, Sisodia dan 14 orang lainnya diselidiki terkait penyimpangan dalam penyusunan dan penerapan kebijakan tersebut serta pemberian hadiah pascatender kepada pihak pribadi.

Agensi tersebut mengatakan penahanan dilakukan lantaran Siosida berusaha berkelit saat diinterogasi dan tidak kooperatif meskipun dihadapkan dengan bukti sebaliknya.

Kasus tersebut muncul ketika AAP, yang dipimpin oleh menteri utama Delhi dan konvenor nasional Arvind Kejriwal, mencoba memposisikan dirinya sebagai alternatif langsung dari BJP.

Demonstrasi pecah di seluruh India dan kritik keras dilontarkan terkait cara pemerintah Narendra Modi memperlakukan kubu oposisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News