Indikator Politik: Jokowi Berperan dalam Elektabilitas PDIP

Indikator Politik: Jokowi Berperan dalam Elektabilitas PDIP
Sosok Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki andil besar dalam tingginya elektabilitas yang diterima PDIP. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sosok Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki andil besar dalam tingginya elektabilitas yang diterima PDI Perjuangan.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan makin tinggi tingkat kepercayaan kepada Jokowi, berdampak positif terhadap PDIP.

Hal itu diketahui dari hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia seusai melakukan wawancara tatap muka kepada 2.567 responden dalam rentang 16-20 Oktober 2023.

Indikator Politik Indonesia mencatat PDIP menjadi partai tertinggi yang mendapat dukungan publik. Angkanya mencapai 25,2 persen. Di tempat kedua ada Gerindra 14,5 persen, menyusul Golkar 9,4 persen.

Burhanuddin menyebutkan ada dua alasan utama yang melatari tingginya dukungan publik untuk PDIP.

“Alasan pertama karena terbiasa memilih partai. Kedua itu karena suka dengan Jokowi,” kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Peta Elektoral Pasca-Pengumuman Putusan MK’ secara virtual, Kamis (26/10).

Kemudian, untuk alasan terbiasa memilih PDIP, angkanya mencapai 28,4 persen.

"Ini diambil dari basis responden 16,8 persen. Untuk alasan kedua, yakni menyukai Jokowi, angkanya mencapai 23,9 persen, diambil dari basis 7,5 persen," katanya.

Sosok Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki andil besar dalam tingginya elektabilitas yang diterima PDIP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News