Indonesia dan Cile Sudah Biasa Saling Bantu

Indonesia dan Cile Sudah Biasa Saling Bantu
Indonesia dan Cile Sudah Biasa Saling Bantu
JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah, mengaku belum mendengar informasi soal adanya rencana keberangkatan tenaga relawan dari Indonesia ke Cile, terkait dengan bencana gempa yang melanda negeri Amerika Selatan tersebut. Namun kalaupun ada, hal itu dianggap wajar olehnya, meski berharap keberangkatan itu melalui koordinasi lembaga resmi negara seperti BNPB supaya lebih efektif dan terorganisir.

Sementara, mengenai bantuan dalam bentuk dana sebesar USD 1 juta yang sebelumnya sudah diserahkan oleh Pemerintah Indonesia kepada (perwakilan) Pemerintah Cile, Faizasyah menyebutkan bahwa dari sisi kepraktisan, memang dalam kondisi bencana tersebut lebih baik jika (pencairan) dana itu dalam bentuk cash. "Atau bisa juga lewat money transfer. Ini biar lebih praktis saja, supaya langsung bisa dimanfaatkan," ujarnya kepada wartawan, Jumat (5/3).

Lantas, alasan apa yang mendorong Indonesia menjadi negara yang termasuk langsung beritikad memberi bantuan kepada Cile? Faizasyah menjelaskan, bahwa selain karena pertimbangan kemanusiaan secara umum, hal itu karena pada dasarnya Indonesia dan Cile memang sudah terlibat saling bantu sejak lama. "Pada saat bencana tsunami di Aceh dulu misalnya, itu Cile kan termasuk yang ikut segera membantu kita," tuturnya pula. (ito/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Hawking Ancam Hengkang

JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah, mengaku belum mendengar informasi soal adanya rencana keberangkatan tenaga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News