Indonesia Dipercaya Jadi Badan Eksekutif ILO

Indonesia Dipercaya Jadi Badan Eksekutif ILO
Indonesia Dipercaya Jadi Badan Eksekutif ILO

jpnn.com - PEMERINTAH Indonesia kembali dipercaya untuk menjadi anggota  Governing Body (Badan Eksekutif) dari International Labor Organitation (Organisasi Perburuhan Internasional /ILO) untuk periode 2014-2017.

Governing Body ILO merupakan sebuah badan eksekutif dari organisasi perburuhan internasional yang bertemu secara rutin untuk membahas dan memutuskan berbagai kebijakan ILO. Agenda persidangannya, mensahkan program dan anggaran serta memilih direktur jenderal ILO.

“Kita bersyukur dengan terpilihnya kembali Indonesia sebagai anggota dari Badan Eksekutif ILO. Momentum ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan dan memperkuat peranan Indonesia di kancah internasional khususnya di bidang ketenagakerjaan,”kata Sekjen Kemnakertrans Abdul Wahab Bangkona di Jakarta pada Selasa (3/6).

Proses pemilihan  anggota Governing Body (Badan Eksekutif) ILO ini  diadakan Senin (2/6)  sore dari pukul 17.30 sampai 18.30 di Jenewa Swiss. Pemilihan  ini  diadakan di sela-sela pertemuan International Labor Conference (Konferensi Perburuhan Internasional/ILC) sesi ke-103 yang berlangsung selama 3 pekan dari 28 Mei hingga 12 Juni 2014 di Palais des Nations (gedung Perserikatan Bangsa-bangsa di Jenewa Swiss.

Pertemuan ILC yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini akan dihadiri oleh para menteri di bidang ketenagakerjaan. Salah satunya adalah Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar  yang dijadwalkan akan menyampaikan pidato pada 9 Juni nanti

Dengan terpilihnya kembali Indonesia sebagai anggota  Governing Body, maka ini berarti Indonesia akan menjabat selama enam tahun berturut-turut sebagai anggota  Governing Body sejak tahun 2011.

Peran Aktif

Sekjen Abdul Wahab mengatakan selama ini Indonesia terus berperan secara aktif dan terlibat dalam pembahasan-pembahasan permasalahan di bidang ketenagakerjaan baik di organisasi tingkat regional maupun internasional.

PEMERINTAH Indonesia kembali dipercaya untuk menjadi anggota  Governing Body (Badan Eksekutif) dari International Labor Organitation (Organisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News